Perbedaan MacBook Pro dan Air dari Segi Spesifikasi, Harga, Desain

Perbedaan MacBook Pro dan Air - MacBook Pro dan Air adalah dua generasi penerus MacBook Klasik. Menjadi generasi penerus yang sama-sama dirancang secara khusus oleh Apple. MacBook Pro dan Air menjadi laptop Apple terbaru yang benar-benar berbeda satu sama lain. Perbedaan antara MacBook Pro dan Air dapat diketahui dengan mudah dari beberapa segi, misalnya dari segi spesifikasi, harga dan desain. 


Perbedaan MacBook Pro dan Air


Apple MacBook Pro 

Apple MacBook Pro

MacBook Pro adalah salah satu laptop Apple terbaru, yang disediakan secara khusus untuk para profesional yang membutuhkan sebuah perangkat canggih, stylish dan handal.

Sudah tersedia di seluruh iBox yang tersebar di kota-kota besar. MacBook Pro tersaji dalam dua versi yaitu versi 13 inci dan 15 inci dengan retina display dan non retina.

Apple MacBook Air

Apple MacBook Air
MacBook Air adalah salah satu generasi penerus Apple MacBook Classic. Sangat direkomendasikan sebagai perangkat komputasi harian canggih, dan sudah tersedia juga di iBox yang berada di seluruh kota-kota besar di Indonesia. MacBook Air disediakan oleh Apple dalam dua versi yaitu 11 inci dan 13 inci dengan retina display dan non retina.

Perbedaan MacBook Pro dan Air "13 inci & 11 inci"

Antara MacBook Pro & Air "Layar, Bobot, & Processor Clock Speed"

Dari segi layar, MacBook Pro menawarkan pilihan layar lebih luas bila dibandingkan MacBook Air. Layar MackBook Pro tersedia dalam dua pilihan yaitu dimensi 13 inci dan 15 inci baik dengan retina dan non retina display. Sementara MacBook Air disediakan oleh Apple dalam dua pilihan dimensi layar yaitu 11 inci dan 13 inci.

Berdasarkan peninjauan yang saya lakukan di iBox salah satu wakil resmi Apple di Indonesia, MacBook Air yang tersedia di sana hanyalah versi 11 inci dengan layar non retina.

Dari segi Bobot, MacBook Pro dan Air juga sangat berbeda. Meski keduanya sama-sama masuk dalam kategori laptop Apple terbaru super ringan, tipis dan handal. Tapi kedua model laptop Apple ini memiliki bobot berbeda satu sama lain.

Khusus MacBook Pro 13 inci dengan retina display yang memiliki ketebalan hanya 1,8 cm saja, bobotnya adalah 1,58 kg. Berbeda dengan MacBook Air dengan dimensi layar yang sama yaitu Air 13 inci memiliki bobot maksimal 1,35 kg. Ini artinya MacBook Pro lebih berat bila dibandingkan dengan MacBook Air.

Clock Speed adalah salah satu baro meter yang menentukan kecepatan sebuah prosesor. Seperti yang kita ketahui, Apple menggunakan generasi kelima terbaru dan porsesor core i7. MacBook Pro dan Air sama-sama tersedia dalam dua pilihan tersebut.

MacBook Pro 13 inci dibekali dengan prosesor core i5 dan core i7 digunakan pada MacBook Pro 15 inci. Sementara MacBook Air 11 inci menggunakan prosesor core i5 dan versi 13 inci menggunakan core i7.

MacBook Pro 13 inci tanpa retina display yang dibekali dengan prosesor core i5 memiliki clock speed 2,5 Ghz. Sementara MacBook Air 11 inci non retina display yang sama-sama dibekali dengan core i5 memiliki clock speed 1,6 Ghz.

Harga MacBook Pro & Air

Perbedaan harga MacBook Pro dan Air tidak jauh berbeda, hanya selisih beberapa ratus ribu rupiah saja. Berdasarkan iBox, MacBook Pro 13 inci di bandrol dengan harga sekitar Rp. 13.999.000 dan dapat juga dibeli dengan program cicilan mulai dari 3 bulan, 6 bulan hingga 12 bulan, melalui tiga bank yaitu : BCA, Mandiri dan BNI.

Sementara MacBook Air yang tersedia di iBox yaitu MacBook Air 11 inci tanpa retina display. Harga MacBook Air berbeda sedikit saja yaitu sekitar Rp. 13.799.000,-. MacBook Air juga dapat dibeli dengan program cicilan mulai dari 3, 6 dan 12 bulan melalui 3 pilihan bank yang sama.

Desain MacBook Pro dan Air 

Sulit sekali untuk melihat perbedaan MacBook Pro dan Air dari sisi luar. Kedua latop Apple terbaru ini memiliki kemiripan desain yang hampir sulit dibedakan. Desain MacBook Pro dan Air sama-sama mewah dan elegan. Hanya saja Apple tetap memberikan ciri khas untuk menjadi pembeda keduanya.

Perbedaan desain keduanya dapat kita lihat ketika anda mulai membuka laptop apple tersebut. MacBook Pro memiliki tepian layar berwarna hitam, sementara tepian layar bagian dalam MacBook Air didesain dengan warna silver.

Penutup 

Nah jika kamu membutuhkan laptop Apple baru yang canggih, bertenaga dan berbobot, maka saya sangat rekomendasikan MacBook Pro sebagai pilihan. Silahkan baca : (Laptop Apple Terbaru MacBook Pro MF839 13 Retina "Spesifikasi & Harga"). Namun jika kamu membutuhkan laptop Apple canggih, ringan, dan bertenaga saya merekomendasikan MacBook Air sebagai pilihan terbaik.

0 komentar